site-verification: c87574a17e8b3bcaf800d16472372143
waynepygram.com: 2019 OSCAR NOMINEES PREDICTION

waynepygram.com: 2019 OSCAR NOMINEES PREDICTION

Well, this is a long shot. Membuat prediksi sebulan sebelum pengumuman nominasi (22 Januari) memang seperti perjudian besar. Tapi bukan masalah, toh ini cuma analisa senang-senang. Jadi, berikut adalah prediksi saya untuk peraih nominasi Oscar 2019 di setiap kategori (kecuali film-film pendek).

BEST VISUAL EFFECTS
Tiga judul mengunci status mereka: Avengers: Infinity War, Ready Player One, Black Panther. Mungkin komentar miring, “Ah, CGI Black Panther jelek, lihat klimaksnya yang terlihat palsu” bakal banyak terdengar, tapi efek visualnya bukan itu saja. Beberapa pemakaian CGI, khususnya dalam menghidupkan dunia beraneka kultur Wakanda, mungkin bakal terlewat dari pengamatan karena begitu halus. Dua slot sisa akan diperebutkan First Man, Mary Poppins Returns, dan Bumblebee.
Prediksi: Avengers: Infinity War, Black Panther, Ready Player One, First Man, Mary Poppins Returns

BEST FILM EDITING
Sebagai kontender utama untuk Film Terbaik, mestinya Roma dan A Star is Born akan melenggang mulus. Demikian pula First Man yang memiliki penyuntingan luar biasa.
Prediksi: Roma, A Star is Born, First Man, The Favourite, Widows

BEST COSTUME DESIGN
The Favourite kemungkinan besar bakal keluar sebagai jawara kategori ini, sementara Black Panther yang memadukan ragam budaya Afrika dipastikan jadi penantang. Mary Poppins Returns dengan varian kostum yang dikenakan Emily Blunt pun takkan dilewatkan juri. Persaingan sengit terjadi antara Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, Bohemian Rhapsody, dan Mary Queen of Scots.
Prediksi: The Favourite, Black Panther, Mary Poppins Returns, Bohemian Rhapsody, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

BEST MAKEUP AND HAIRSTYLING
The Favourite di luar dugaan tak muncul di shortlist, memberi peluang pada Mary Queen of Scots sebagai sesama film period, disusul Vice yang memfasilitasi transformasi Christian Bale
Prediksi: Mary Queen of Scots, Vice, Black Panther

BEST CINEMATOGRAPHY
Roma dengan visual hitam-putih, First Man yang bernuansa home video, serta pemakaian cahaya alami di The Favourite akan mengisi daftar unggulan. Saling sikut akan terjadi antara If Beale Street Could Talk, A Star is Born, dan Black Panther.
Prediksi: Roma, First Man, The Favourite, If Beale Street Could Talk, A Star is Born

BEST PRODUCTION DESIGN
Empat posisi teratas pasti digenggam The Favourite, First Man, Black Panther, dan Mary Poppins Returns. Satu tempat tersisa jadi pertarungan dua film dengan gaya bertolak belakang, yaitu Roma dan Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.
Prediksi: The Favourite, First Man, Black Panther, Mary Poppins Returns, Roma

BEST SOUND MIXING
Tentu A Star is Born sebagai film musik dan First Man lewat tata suara menghantui bakal berkuasa. A Quiet Place yang bermain-main dengan suara berpeluang meraih nominasi.
Prediksi: A Star is Born, First Man, Mary Poppins Returns, Black Panther, A Quiet Place

BEST SOUND EDITING
Tahun lalu kita memperoleh nominasi serupa di kedua kategori tata suara. Tahun ini, kemungkinan terjadi perbedaan, di mana Ready Player One berpeluang menggeser posisi A Star is Born
Prediksi: First Man, Mary Poppins Returns, Black Panther, A Quiet Place, Ready Player One

BEST ORIGINAL SONG
Seperti dua tahun lalu, rasanya keempat nominasi lain adalah penggembira di saat Shallow bakal melenggang mulus ke tangga juara.
Prediksi: Shallow – A Star is Born, All the Stars – Black Panther, The Place Where Lost Things Go – Mary Poppins Returns, Revelation – Boy Erased, I’ll Fight – RBG

BEST ORIGINAL SCORE
First Man dengan musik menghantui akan ditemani If Beale Street Could Talk dan Mary Poppins Returns mengamankan nominasi. Nicholas Brittel dalam Vice dan Terrence Blanchard di BlacKkKlansman dapat mengejutkan sewaktu-waktu.
Prediksi: If Beale Street Could Talk, First Man, Mary Poppins Returns, Black Panther, Isle of Dogs

BEST DOCUMENTARY FEATURE
Tiga judul yang paling banyak memperoleh buzz adalah Won’t You Be My Neighbor?, Free Solo, dan Minding the Gap. Seperinya nominasi takkan jauh-jauh dari mereka.
Prediksi: Won’t You Be My Neighbor?, Free Solo, Minding the Gap, RBG, Hale County This Morning This Evening

BEST FOREIGN LANGUAGE FILM
Sebagai penantang di kategori puncak alias Best Picture, status Roma takkan tergoyahkan. Never Look Away (Jerman) dan Cold War (Polandia) bakal saling jegal.
Prediksi: Roma (Meksiko), Shoplifters (Jepang), Burning (Korea Selatan), Capharnaüm (Lebanon), Cold War (Polandia)

BEST ANIMATED FEATURE FILM
Salah satu kategori yang rasanya takkan menghasilkan kejutan di jajaran nominasi. Mirai akan jadi perwakilan dari luar Hollywood.
Prediksi: Spider-Man: Into the Spider-Verse, Incredibles 2, Ralph Breaks the Internet, Isle of Dogs, Mirai

BEST ADAPTED SCREENPLAY
Para pengisi nominasi kategori ini pun rasanya sudah bisa dipastikan, kecuali jika tiba-tiba First Man memperoleh hype jelang detik-detik akhir. Dari skena indie, Leave No Trace pun berpeluang mengejutkan.
Prediksi: A Star is Born, Black Panther, Can You Ever Forgive Me?, If Beale Street Could Talk, BlacKkKlansman

BEST ORIGINAL SCREENPLAY
Persaingan cukup ketat di sini. Roma dan The Favourite mungkin sudah mengamankan posisi, namun Green Book, Vice, First Reformed, dan Eighth Grade masih bersaing ketat.
Prediksi: Roma, The Favourite, Vice, First Reformed, Eighth Grade

BEST SUPPORTING ACTRESS
Empat nama teratas sudah tak bisa diganggu gugat, tinggal menanti siapa yang akan memenangkan persaingan merebut nominasi antara Claire Foy (First Man) dan Thomasin Harcourt McKenzie (Leave No Trace).
Prediksi: Amy Adams (Vice), Regina King (If Beale Street Could Talk), Emma Stone (The Favourite), Rachel Weisz (The Favourite), Claire Foy (First Man)

BEST SUPPORTING ACTOR
Satu lagi kategori minim kejutan. Kecuali Disney melancarkan kampanye masif yang efektif untuk menggenjot peluang Michael B. Jordan (Black Panther).
Prediksi: Richard E. Grant (Can You Ever Forgive Me?), Adam Driver (BlacKkKlansman), Mahershala Ali (Green Book), Sam Elliott (A Star is Born), Timothée Chalamet (Beautiful Boy)

BEST ACTRESS
Satu-satunya pertanyaan di kategori ini adalah, apakah Yalitza Aparicio (Roma) si pendatang baru, atau Emily Blunt (Mary Poppins Returns) yang menyabet nominasi SAG, yang bakal mengisi sisa slot?
Prediksi: Glenn Close (The Wife), Lady Gaga (A Star is Born), Olivia Colman (The Favourite), Melissa McCarthy (Can You Ever Forgive Me?), Emily Blunt (Mary Poppins Returns)

BEST ACTOR
Ethan Hawke (First Reformed) dilupakan oleh juri SAG, memberi peluang kepada John David Washington (BlacKkKlansman). Status sebagai putera Denzel Washington yang amat dihormati di kalangan penggiat film turut menjadi faktor X.
Prediksi: Bradley Cooper (A Star is Born), Christian Bale (Vice), Rami Malek (Bohemian Rhapsody), Viggo Mortensen (Green Book), John David Washington (BlacKkKlansman)

BEST DIRECTOR
Damien Chazelle sanggup menciptakan perjalanan luar angkasa sekaligus penelusuran duka mencengangkan lewat First Man, tapi rasanya juri Oscar bakal cenderung memilih merayakan kembalinya Spike Lee ke performa terbaik dengan memberinya nominasi. Adam McKay (Vice) masih memiliki peluang, demikian pula sutradara wanita Debra Granik (Leave No Trace) apabila Oscar ingin memberi diversity di jajaran nominasi.
Prediksi: Bradley Cooper (A Star is Born), Alfonso Cuaron (Roma), Spike Lee (BlacKkKlansman), Yorgos Lanthimos (The Favourite), Ryan Coogler (Black Panther)

BEST PICTURE
Saya memprediksi bahwa kategori Best Picture tahun ini akan diisi oleh delapan judul. Tujuh film yang disebut pertama rasanya sudah mengamankan posisi. Sisa satu tempat akan diperebutkan Vice, Can You Ever Forgive Me?, Eighth Grade, dan First Man. Sedangkan Bohemian Rhapsody yang meraih nominasi di SAG berpeluang memberi kejutan.
Prediksi: Roma, A Star is Born, Black Panther, BlacKkKlansman, The Favourite, If Beale Street Could Talk, Green Book, Vice
Baca Juga
SHARE
LATEST Older
Subscribe to get free updates

Related Posts